><
Analisis Masalah


Tujuan

Pada akhir pertemuan tim mampu:

Merencanakan model diagram masalah untuk meng-gambarkan variabel kritis yang berhubungan dengan masalah kesehatan di kabupaten, yang ditugaskan pada mereka.

Materi

1 Contoh Diagram Masalah.

Tugas

1 Membahas masalah dan mempelajari contoh diagram masalah.

2 Menuliskan masalah yang akan diatasi dalam kartu indeks, dan tempelkan di tengah papan tulis/flipchart.

3 Menuliskan variabel-variabel "tidak langsung" yang dianggap dapat menyebabkan masalah tadi pada kartu indeks. Variabel tidak langsung merupakan variabel proses yang nantinya akan diintervensi. Variabel tidak langsung terdiri atas variabel medis (kom-plikasi, keterampilan, ketersediaan obat, dll) dan variabel non medis (pengetahuan/sikap/perilaku masyarakat, pendidikan, geografi, dll).

Hasil

Diagram Masalah

Contoh

Kematian balita karena diare disebabkan oleh rujukan yang terlambat atau pemberian oralit yang tidak tepat, bukan karena balita sakit diare atau karena campak. Sehingga intervensinya akan dilakukan untuk mengatasai rujukan atau pemberian/penyediaan oralit, dan bukan terhadap diare atau campak.

Kemudian, tentukan lagi, variabel yang menyebabkan keadaan ad 3 dan tempelkan lagi pada papan tulis. Lakukan proses ini secara terus-menerus, sehingga diperoleh suatu diagram yang memperlihatkan berbagai variabel yang mempengaruhi terjadinya masalah yang ditugaskan. Cara lain ntuk mendapatkan variabel-variabel tersebut adalah dengan menggunakan hasil audit maternal perinatal (APM) yang dilaporkan di kabupaten atau kota. Tetapi perlu diingat bahwa APM tidak selalu menggambarkan kemungkinan penyebab maternal dan perinatal yang ada. Sedangkan diagram seharusnya menggambarkan kemungkinan-kemung-kinan yang lebih luas.

Bahas lagi diagram tersebut, dan perhatikan apakah hubungan antar variabel ini memperlihatkan hubungan yang logis. Hubungan logis dapat dibuktikan dengan selalu menanyakan " mengapa variabel ini terjadi".

Contoh Diagram Masalah



Buku Kerja > Analisis Masalah